Bersepeda Pakai Face Shield, Dokter Olahraga: Itu Pelengkap, Bukan Pengganti Masker

PSBB Masa Transisi, CFD Jakarta Ditiadakan

RifanfinancindoBersepeda menjadi tren yang digemari di masa pandemi ini. Selain menyehatkan, sepeda juga bisa jadi alat transportasi yang bisa digunakan untuk berpindah tempat dan menghindari pemakaian transportasi massal.

Namun, penggunaan masker saat bersepeda masih banyak dipertanyakan masyarakat. Di satu sisi, banyak pihak menilai bahwa masker melindungi orang dari penularan COVID-19 sementara yang lain menyebut bahwa aktivitas fisik dengan masker berbahaya bagi tubuh.

Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati mengatakan, olahraga di masa adaptasi kebiasaan baru mengatakan bahwa yang terpenting adalah menjaga jarak.

Baca Juga :

“Kalau kita bicara bersepeda atau berolahraga di tempat yang ramai, mau tidak mau terpaksa pakai masker karena kita berisiko saling menularkan droplet,” kata Andhika dalam siaran bincang-bincang dari Graha BNPB, Jakarta, ditulis Senin (6/7/2020).

“Kalau orang bilang ‘tidak bahaya pakai masker?’ Yang perlu dimainkan adalah intensitasnya,” kata Andhika.
Turunkan Intensitas
Andhika mengatakan, apabila saat bersepeda seseorang terpaksa dengan menggunakan masker turunkan intensitas dengan menurunkan kecepatan menggowes. Begitu pun saat olahraga lari.

“Kalau orang bilang ‘gue sudah lari sudah diperlambat tapi masih engap juga,’ mungkin harus dari jalan cepat atau jalan santai bahkan. Jadi cari intensitas. Kalau bersepeda kecepatan menggowes, pilih medan yang jangan terlalu menanjak,” ujarnya.

“Kalau bicara sudah engap-engapan, dipenggal-penggal, itu sudah berarti sudah terlalu tinggi intensitasnya. Kurangi kecepatan gowesnya.”

Selain itu, penggunaan face shield masih dianggap sebagai pelengkap, bukan pengganti masker. Hal ini karena masih adanya bagian yang terbuka dari alat pelindung wajah tersebut.

“Jadi, memang disarankan lebih ke arah masker sebetulnya,” ujarnya. Rifanfinancindo.

Sumber : Liputan 6

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.