Provinsi dengan Kasus COVID-19 Tinggi Juga Laporkan Kasus DBD

Gejala Flu Tulang pada Orang Dewasa

RifanfinancindoIndonesia tidak hanya menghadapi COVID-19 tapi juga demam berdarah dengue (DBD). Dari propinsi yang melaporkan kasus COVID-19 juga memiliki kasus DBD.

“Kalau kita melihat 68.000 kasus db di seluruh Indonesia, propinsi-propinsi dengan kasus DB tertinggi adalah juga propinsi dengan kasus COVID-19 yang tinggi,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik , Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi di Graha BNPB pada Senin, 22 Juni 2020.

Propinsi tersebut diantaranya Jawa Barat, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan. “Yang kita tahu jumlah COVID-19 di propinsi itu tinggi,” kata Nadia.

Baca Juga :

Sebaran kasus DBD sudah ada di 460 kabupaten/kota, lalu 410 kabupaten kota diantaranya melaporkan juga kasus COVID-19 berdasarkan slide yang diterima Health-Liputan6.com.

Terkait adanya risiko DBD, wanita berkaca mata ini mengingatkan agar masyarakat waspada. “Fenomena ini memungkinkan seseorang bila dia terinfeksi COVID-19 dia berisiko kena DBD,” kata Nadia.

Upaya agar tidak terkena DBD adalah dengan melakukan 3M plus yakni Menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain Lalu, Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. Kemudian, Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Liputan 6

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.