Harus Konsumsi Apa agar Produksi ASI Lancar dan Deras?

Konsumsi Daun Katuk dapat Memperlancar Produksi ASI?

Rifan FinancindoBeberapa ibu yang baru melahirkan disarankan oleh orang-orang tua untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan agar produksi Air Susu Ibu (ASI) lancar dan deras. Sebut saja daun katuk dan daun torbangun yang kerap disebut-sebut bisa mendongkrak produksi ASI. Apa benar hal itu?

Menurut pakar laktasi dokter Ameetha Drupadi, dulu memang ada suatu zat yang diyakini dapat meningkatkan ASI seperti daun katuk, daun torbangun, dan pare. Namun, berdasarkan penelitian peran makanan dalam meningkatkan produksi ASI tidak besar.

Baca Juga :

“Cuma memang balik lagi sih walau sudah konsumsi itu ibu tetap harus happy dan bayi harus menyusu langsung,” kata Ameetha di acara perayaan ulang tahun aplikasi Teman Bumil di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Sehingga, ketika ditanya makanan apa yang baik untuk ibu menyusui, Ameetha menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan konsep gizi seimbang.

“Kalau makanan sih lebih bagus ke yang gizi seimbang yang memang dibutuhkan ibu untuk menyusui,” katanya.

Pastikan Bayi Menyusu Langsung dan Ibu Bahagia
Bagi ibu yang bakal melahirkan, Ameetha menjelaskan bahwa produksi ASI dipengaruhi oleh dua hormon di tubuh ibu.

“Ketika bayi menyusu langsung dia akan merangsang ke otak menciptaktan hormon prolatikn untuk memproduksi ASI dan hormon oksitosin untuk mengeleuarkan ASI. Selama ibu menyusui langsung bayinya itu akan merangsang produksi ASI,” tutur wanita yang praktik di Mayapada Hospital ini.

“Nah, hormon oksitosin ini kan berhubungan dengan happy atau cinta, maka selama ibu happy, tidak stres maka ASI akan keluar,” pesannya. Rifan Financindo.

 

Sumber : Liputan 6

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.